Latest News

Saturday, June 4, 2016

Tips Merawat dan Membersihkan Peralatan Make Up





Tips n Care Of Beauty By Artika – Bagi anda yang senang berdandan, pastinya banyak memiliki peralatan make up. Dan tahukah anda bahwa menjaga kebersihan peralatan make up sama pentingnya dengan menjaga kebersihan kulit anda sendiri? Bayangkan saja, peralatan make up seperti sponge bedak, brush blush on atau eyeshadow dan yang lainnya yang sudah dipakai lama dan tidak pernah sekalipun dibersihkan tentunya akan penuh dengan kotoran-kotoran yang berasal dari sisa-sisa make up anda, keringat, sel kulit mati, atau kotoran yang berasal dari lingkungan semacam debu dan sejenisnya. 

Jika kotoran itu terus menempel dan peralatan make up selalu anda pakai, bisa dipastikan kotoran dari alat-alat tersebut akan pindah juga ke kulit anda. Hal itu tentu saja bisa menyebabkan terjadinya hal-hal buruk pada kulit seperti jerawat, gatal-gatal, atau penyakit kulit lainnya. Anda tidak ingin mengalami hal ini kan? Jadi, ada baiknya mulai sekarang mulailah memperhatikan kebersihan peralatan make up yang anda gunakan setiap harinya agar anda terhindar dari hal-hal yang bisa merusak kulit anda.

Bagaimana cara membersihkan peralatan-peralatan make up?

Pertama-tama anda harus mengetahui apa saja yang bisa digunakan untuk membersihkan peralatan make up dan kosmetik tersebut. Tentu tidak harus produk pembersih yang mahal, anda bisa memanfaatkan bahan-bahan yang anda miliki di rumah, antara lain:
  1. Facial foam/Sabun wajah
    Facial foam bisa digunakan dengan alasan kelembutannya. Jika bahan ini lembut untuk wajah, tentunya juga aman untuk peralatan make up. 
  2. Shampoo
    Shampoo bisa juga anda gunakan sebagai bahan pembersih, apalagi jika itu shampoo bayi. Alasan bisa dipakainya shampoo ini juga karena kelembutannya.
  3. Sabun cuci piring dan minyak zaitun
    Campuran antara sabun cuci piring dengan minyak zaitun ternyata merupakan solusi yang baik untuk membersihkan peralatan make up. Sabun piring yang mengandung antibakteri dan juga minyak zaitun yang berfungsi sebagai conditioner adalah perpaduan yang tepat dan tentunya juga lembut untuk peralatan make up anda.
Cukup sederhana kan bahan-bahan yang anda butuhkan? Sekarang tinggal pelajari bagaimana langkah-langkah membersihkannya. Bagi anda yang belum tahu, ikuti petunjuknya berikut ini:
  1. Untuk membersihkan peralatan yang berupa kuas-kuas dan sikat atau brush, pertama-tama, basahi peralatan tersebut dengan kucuran air hangat yang mengalir, jangan sampai direndam, karena kotoran yang menempel tidak akan hilang jika hanya direndam, dan lagi bulu kuas juga akan mudah rontok. Dengan pembersihan di bawah kucuran, kotoran akan ikut hilang bersama aliran air. Pegang bagian gagangnya dan pastikan hanya bulu kuasnya saja yang terkena air.
Karena biasanya jika gagang kuas yang terbuat dari logam terkena air, maka akan terjadi karatan yang tentunya akan mempercepat kerusakan kuas anda.
  1. Untuk peralatan make up yang berupa sponge, basahilah keseluruhan bagiannya dan berikan pembersih sehingga jika anda menekan-nekannya maka akan keluar busanya.
  2. Setelah dirasa bersih, bilaslah dengan air bersih juga memakai air yang mengalir. Setelah itu, letakkan peralatan tersebut dan biarkan kering secara alami, jangan menggunakan pengering. Untuk tahap pengeringan ini, terutama untuk jenis peralatan berupa kuas, mungkin membutuhkan waku yang lebih lama.
Jadi anda harus benar-benar sabar menunggu sampai peralatan anda benar-benar kering untuk dapat memakainya kembali. Resiko jika anda tetap nekat memakainya dalam keadaan masih basah, maka peralatan anda akan menjadi bau.
  1. Peralatan make up anda sebaiknya diberikan perawatan minimal satu bulan sekali. Tetapi jika peralatan itu sangat sering digunakan, maka harus lebih sering lagi frekuensi perawatannya. 
 Yuk Dears.. jaga kebersihan make up kamu, supaya wajah cantik kamu terhindar dari bahaya bekas kosmetik dan zat zat kimia lainnya :)

No comments:

Post a Comment

Recent Post